Home » » Merakit Charger Dan Powerbank Tenaga Surya / Solar Cell

Merakit Charger Dan Powerbank Tenaga Surya / Solar Cell

Written By Unknown on Monday 27 March 2017 | 22:28

Solar Powerbank (androidauthority.net)
Powerbank sudah jamak digunakan seiring berkembangnya handphone dan perangkat tablet ke seluruh dunia. Powerbank adalah perangkat yang berfungsi untuk mencharge/ isi ulang telepon selular (ponsel), tablet atau menyalakan daya untuk perangkat apapun yang menggunakan voltase 5V dengan input dari konektor usb (tipe mini atau mikro usb sebagai input) dengan kemampuan mobile karena menggunakan daya listrik yang bersumber dari baterai yang juga bisa dicharge ulang seperti telepon selular anda atau seperti aki kendaraan. Karena menggunakan baterai, maka powerbank sewaktu-waktu harus disi ulang kembali agar kapasitas baterai kembali penuh. 

Umumnya mengisi ulang powerbank dengan menyambungkan input mikro usb di powerbank dengan adaptor listrik ac to dc yang mengambil listrik dari grid (jaringan) listrik PLN. Bagaimana jika sewaktu-waktu diperjalanan, khususnya pada saat traveling ke alam bebas anda memerlukan daya listrik untuk mengisi ulang ponsel bahkan untuk powerbank Anda juga? Mungkin Anda perlu memiliki beberapa baterai cadangan atau bahkan beberapa powerbank cadangan, namun tetap saja saat kapasitas baterai habis maka Anda tetap tidak bisa mengisi ulang semua ketika Anda masih di luar daerah yang memiliki sumber listrik dari jaringan PLN.

Maka alternatif lain, Anda bisa menggunakan sumber energi yang tersedia di alam bebas, salah satunya adalah energi surya atau matahari dengan menggunakan panel atau sel surya. Dengan sel surya Anda dapat mengubah energi dari cahaya matahari ke energi listrik untuk mengisi ulang perangkat ponsel dan powerbank. Menariknya Anda bisa merakitnya sendiri dengan mudah, karena modulnya sendiri yang mudah ditemui di pasaran dengan harga yang terjangkau. Meskipun saat ini sudah banyak yang menjual powerbank tenaga surya buatan pabrik, namun ada, bahkan banyak kwalitas kapasitas baterainya yang diragukan, sedangkan jika Anda mau mencoba merakit sendiri powerbank surya paling tidak ada dua nilai plus. Pertama Anda menjadi lebih mengerti cara bekerja powerbank surya, sehingga jika ada masalah Anda bisa mengetahui solusinya, kedua adalah ada kepuasan tersendiri bagi Anda bisa membuat suatu perangkat sesuai dengan kebutuhan dan daya kreasi Anda sendiri.

Kembali ke awal, jadi apa saja yang dibutuhkan untuk merakit perangkat tersebut? Penulis akan membagi dalam dua jenis, yaitu charger tenaga surya dan powerbank tenaga surya DIY (Do It Yourself).

Charger Tenaga Surya
Untuk merakit charger tenaga surya dibutuhkan 2-3 komponen atau modul utama agar charger ini bisa bekerja dengan semestinya. Komponen tersebut adalah:

1. Panel Surya Mini
Anda butuh minimal 1 buah panel surya berukuran kecil agar mudah dibawa-bawa pada saat bepergian. Paling tidak memiliki output voltase 5-6V dengan arus di atas 100mA. Jika 1 panel arus listrik masih rendah, Anda bisa menggabung beberapa panel tersebut secara paralel untuk memperbesar arus output panel surya. Sebenarnya cukup dengan panel surya Anda sudah bisa menghubungkan terminal output (+) dan (-) dengan kabel mikro usb yang banyak tersedia di pasaran, cukup disolder maka Anda sudah dapat mengisi ulang ponsel dan powerbank Anda, tapi memang bisa tidak stabil karena mungkin saja tegangan bisa berkurang dari 5v atau turun di bawah 4v yang mana kurangnya voltase dapat berakibat panel surya gagal mengisi ulang perangkat ponsel atau tablet Anda tersebut.
2. USB Booster 5V
Modul USB booster 5V ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan keluaran yang dihasilkan oleh panel surya di atas. umumnya dapat menghasilkan tegangan stabil 5V dengan input tegangan antara 1-5V. Artinya pada saat tegangan dari panel surya turun modul ini tetap bisa menghasilkan tegangan yang cukup untuk bisa mengisi ulang perangkat yang Anda miliki. Output dari modul usb booster ini adalah konektor female usb, sehingga dengan kabel usb to mikro/mini usb Anda bisa langsung menghubungkan ke perangkat yang ingin diisi ulang.

Rangkaian Charger Tenaga Surya
Dengan dua modul tersebut di atas Anda tinggal menghubungkan keduanya dengan kabel listrik, output (+) panel surya dihubungkan dengan input terminal (+) pada modul usb booster, begitu pula dengan terminal (-).
Rangkaian Charger USB Tenaga Surya
Powerbank Tenaga Surya
Lalu bagaimana dengan powerbank tenaga surya? Anda cukup menambahkan beberapa komponen lagi untuk melengkapinya yaitu:

1. Modul Charger Baterai Lithium 5V Mikro/Mini USB
Modul ini berfungsi untuk mengisi ulang baterai litihium yang Anda gunakan sebagai baterai powerbank itu sendiri. Inputnya bisa berupa sumber listrik dengan konektor mikro/mini usb ataupun terminal listrik (+) dan (-) yang bisa diambil dari sumber listrik alternatif seperti dari sel surya, dengan tegangan input 4-5V.
2. Baterai Lithium
Tentu Anda sudah mengetahui fungsinya, yaitu sebagai penyimpan daya listrik di powerbank ini. Powerbank tenaga surya ini menggunakan baterai lithium yang umum digunakan perangkat mobile Anda. Besar kapasitas baterai bisa Anda tentukan sendiri untuk powerbank yang Anda rakit. Disarankan Anda membeli baterai lithium yang sudah memiliki proteksi overcharge built-in (proteksi dari kelebihan pengisian) sehingga Anda tidak memerlukan modul proteksi lagi bagi baterai Anda.
Perbedaan baterai lithium Li-ion dan Li-po

3. Dioda Schottky
Komponen dioda yang memiliki kutub anoda dan katoda ini berfungsi untuk penyearah arus listrik dari panel surya, dipsang dari terminal (+) dari panel surya. Jadi bisa berfungsi juga sebagai pengaman ketika sel surya tidak bisa menghasilkan daya pada malam hari, yaitu jika terdapat arus listrik yang mengalir dari sumber listrik ke konektor mikro/ mini USB maka arus listrik tersebut tertahan di dioda tersebut, tidak sampai ke panel surya. Besar rating arus dioda cukup 1-3A untuk panel surya ukuran mini dengan daya di bawah 5 watt.



Kutub anoda dan katoda tidak boleh terbalik pada saat pemasangan. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat rangkaian powerbank secara keseluruhan.

4. Saklar On Off
Satu komponen yang tidak kalah penting saat merakit powerbank ini adalah sebuah saklar on-off untuk powerbank Anda. Saklar ini diletakkan posisinya di antara baterai lithium dengan modul ouput usb booster 5V. Berfungsi agar baterai tidak boros karena mengaktifkan modul output usb booster secara terus-menerus.
Salah satu model saklar on off


Rangkaian Powerbank Tenaga Surya
Jika Anda sudah memiliki komponen-komponen yang telah disebutkan di atas, maka Anda telah siap untuk merakit powerbank tenaga surya buatan Anda sendiri dengan skema rangkaian di bawah ini.
Skema rangkain Powerbank Tenaga Surya
Jika arus dari 1 panel surya masih terasa kecil Anda bisa menambahkan panel surya lagi yang dirangkai paralel untuk memperbesar arus untuk mengisi ulang baterai powerbank. Anda bisa sedikit kreatif dengan menggunakan casing yang sesuai selera Anda untuk powerbank ini agar terlihat lebih menarik tentunya. Atau bisa menggunakan 2 modul output usb sebagai tambahan. Untuk tutorial yang lebih detil langkah-langkahnya Anda bisa membaca di sini.

Rangkaian paralel untuk Fast Charge
Sekedar catatan dari link tutorial di atas itu, ada info tambahan yang menarik, yaitu; agar rangkaian powerbank ini dapat mengisi ulang ponsel iphone, maka perlu ditambah komponen sebuah resistor bernilai 47 ohm yang disolder pada 2 kaki/ pin data di modul output USB booster (gambar bisa dilihat pada link tersebut).

Kami sendiri juga menjual modul-modul untuk merakit charger dan powerbank tenaga surya tersebut di pasar online seperti situs tokopedia dan bukalapak.

Klik ini untuk produk di tokopedia dan klik ini pula untuk di bukalapak.

Total hanya butuh kurang dari lima puluh ribu rupiah (tidak termasuk baterai) untuk bisa merakit powerbank surya ini. Jika ditambah casing dan baterai 5000 mAH paling tidak butuh sekitar biaya 150 ribu rupiah sudah bisa menutupinya. Selamat bereksperimen!
Share this article :

+ comments + 16 comments

28 March 2017 at 10:55

powerbank surya ini cocok bagi yang suka kegiatan survival, di hutan , gunung atau tempat lainnya, tapi di oko online udah ada yang jual juga kok

28 March 2017 at 22:40

betul om akses gadget

20 August 2017 at 22:21

Gimana ya cara menyetabilkan arus, saya nyoba bisa ngisi tapi gak nambah, nyoba di dinamo mobil2an kok gak kuat kalo lampu kuat

14 September 2017 at 17:19

Kalau arusnya kecil panelnya mesti diparalel, karena arus 1 panel biasanya cuma 200mA ke bawah, sedangkan klo charger usb supaya bagus minimal 500ma ke atas

29 March 2018 at 15:01

Berarti kalo mau langsung colok input pwbank .tinggal beli pnl surya sama driver usb boosterny y mas ?.. Itu dioda yg biasa di pasarankan 4 amperan..? jadi sudah tak butuhin penstabil 7805 lagi mas dari outputnya usb boster... Itu bagus lagi tambahin 2-3 panel.. buat rumahny, bawahny buat pcb jalur pake larutan FCl.. , nantiny ada usb output buat powerbank external.. atau buatin shot khusus powerbank ext yg kita beli.. Pasti mantab .

21 July 2018 at 17:41

klo untuk langsung ke powerbank yg ada memang cukup solar panel dan kit charger usb, diusahakan panel surya wattnya yang agak besar, seperti di sini: https://hot-spot-murah.blogspot.com/2017/12/solar-panel-untuk-merakit-tas-power.html

15 October 2018 at 14:31

keren nih kreatifitasnya nih, bisa juga nanti buat ngerakit panel solar cell untuk rumah tangga sendiri

Anonymous
6 December 2018 at 07:04

Ada yang udah jadi harga terjangkau dan bisa langsung pake gak?

11 March 2019 at 20:23

Mau tanya gan sollar panel 5Volt 200mAh apa bisa ngisi baterai Li-thium 5000mAh?
mungkin voltage nya akan drop saat disambung baterai.

8 April 2019 at 13:20

maximum brp mAH utk solar cell dan batere nya?

24 June 2019 at 14:53

Aku suka barang yg di sediakan NET dan aku pelanggannya juga di toko online,,TKS NET

13 October 2019 at 11:30

kak bisa bantu saya
tolong wa +6282120304248

5 May 2020 at 23:00

Lau untuk ngisi aki 12 v bisa gak ya,? No saya 085244774462

16 November 2020 at 20:32

Sangat membantu sekali artikelnya bos, terutama buat saya yang tinggal di kebun sangat butuh sekali perangkat2 SPT ini

26 December 2020 at 19:05

dioda yang digunakan rectriver 1n4007 bisa tidak ya?

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger